Surat Masuk adalah surat-surat yang diterima oleh suatu organisasi/perusahaan yang berasal dari seseorang atau dari suatu organisasi.
Surat Keluar
adalah surat-surat yang dikeluarkan/dibuat suatu organisasi/perusahaan
untuk dikirimkan kepada pihak lain, baik perseorangan maupun kelompok.
Kerugian-kerugian bila surat tidak ditangani dengan baik :
1. Surat dan informasinya bisa hilang
2. Kantor menjadi tidak rapi karena banyak tumpukan kertas yang tidak tertata
3. Surat sulit ditemukan jika dicari, karena letaknya tidak disusun dengan teratur
Manfaat dari adanya penanganan surat :
1. Surat akan tercatat dengan baik
2. Prosedur penanganan surat jelass
3. Surat akan tersimpan baik, sehingga mudah untuk ditemukan
4. Rahasia akan terjaga
Pola Penanganan Surat :
Pola Sentralisasi merupakan pola penanganan berkas yang dilakukan secara terpusat.
Pola Desentralisasi dilakukan disetiap bagian dari unit yang ada pada kantor
Perlengkapan Penanganan surat masuk:
1. Baki Surat (Tray)
2. Buku Agenda Surat masuk
3. Lembar Pengantar Surat Masuk, Lembar Pengantar Surat Rahasia
3. Lembar Pengantar Surat Masuk, Lembar Pengantar Surat Rahasia
4. Secreaties Desk File
5. Alat tulis
6. Kertas dan Amplop
7. Alat Pembuka Surat
8. Stempel
9. Formulir Tanda Terima/ Buku Ekspedisi Intern dan Ekstern
10. Lembar Disposisi
Pengurusan Surat Masuk Sistem Buku Agenda adalah sebaagi berikut :
Pengurusan Surat Masuk Sistem Buku Agenda adalah sebaagi berikut :
1.Penerimaan Surat :
- Mengumpulkan dan menghitung surat masuk
- Meneliti ketepatan alamat
2.Penyortiran Surat :
- Memisahkan surat ke dalam surat dinas (biasa, penting,rahasia) maupun surat
pribadi
3.Pencatatan surat
- Membaca surat (dinas, biasa, penting)
- Memeriksa lampiran-lampiran
- Membubuhkan Sampel Agenda
- Mencatat surat dalam Buku agenda Surat Masuk
4.Pengarahan Surat
Menentukan pejabat mana yang harus menangani surat, dengan menyertakan
lembar disposisi (untuk mencatat instruksi pimpinan)
Pengurusan Surat Masuk sistem Kartu Kendali
1. Prosedur Pengurusan Surat Masuk Penting
a. Penerimaan surat
b. Pencatatan surat
c. Pengarahan atau pengendalian surat
d. Penyampaian surat ke unit pengolah
e. Penyimpanan atau penataan arsip
2. Prosedur Pengurusan Surat Masuk Biasa
a. Surat-surat masuk dikumpul 1 atau 2 hari, setelah banyak baru dicatat dalam lembar pengantar surat biasa rangkap 2
b. Setelah dicatat, maka surat-surat tersebut disampaikan kepada unit pengolah bersama lembar pengantarnya
c. Unit pengolah membubuhi paraf pada lembar pengantar. Selanjutnya lembar pengantar 1 dikembalikan kepada pencatat.
3. Pengurusan Surat Masuk Rahasia
a. Surat rahasia diterima oleh penerima surat dan menyerahkan kepada pencatat surat
b. Pencatat
mencatat surat tanpa membuka sampul ke dalam lembar pengantar surat
rahasia (rangkap 2) lalu menyerahkan kepada pengarah surat
c. Pengarah surat memeriksa pengisian lembar pengantar dan meneruskan kepada pimpinan unit pengolah
d. Pimpinan unit memberi paraf pada lembar pengantar 1 dan 2
e. Pimpinan
unit pengolah menyimpan surat dan lembar pengantar 2, lembar pengantar 1
dikembalikan kepada pengarah surat untuk diteruskan kepada penata arsip
Prosedur Pengurusan Surat Keluar Sistem Buku Agenda
1. Pembuatan Konsep
Dilakukan oleh pimpinan yang menandatangani surat pada lembaran konsep surat
Dilakukan jika konsep surat dibuat oleh sekretaris/asisten
2. Persetujuan konsep
Pimpinan memberikan persetujuan dengan memberi tanda/paraf (acc) pada konsep
3. Pencatatan Surat
Konsep dicatat dalam Buku Agenda Verbal untuk mendapatkan nomor surat
4. Pengetikan konsep surat
Diketik dengan tembusannya
5. Pemeriksaan Pengetikan
6. Penandatanganan Surat
Dilakukan oleh pejabat yang berwenang dan membubuhkan tanda tangan di atas nama terang
7. Pemberian Cap Dinas
Dibubuhkan di sebelah kiri menyinggung sedikit tanda tangan, harus tegak
8. Melipat Surat
Surat yang asli dilipat dimasukkan dalam sampul
9. Penyampulan Surat
Surat yang telah dilipat dimasukkan dalam sampul
Smpul diberi nomor dan diberi cap di sebelah kiri bawah
10. Pengiriman Surat
Surat yang dikirim langsung ke alamat, dan ke kantor pos dicatat di Buku Ekspedisi Ekstern
11. Penyimpanan Surat
Tembusan surat disimpan sebagai arsip sesuai dengan sistem penyimpanan (sistem abjad,
subjek, tanggal, wilayah, dan
Surat-surat yang telah diproses diberikan kepada orang yang telah ditunjuk, maka yang
menerima harus menandatangani bukti penerimaan di buku Ekspedisi
Buku Ekspedisi ada dua macam, yaitu :
1. Buku
Ekspedisi Intern adalah buku yang digunakan untuk mencatat
penyampaian/pengiriman/distribusi surat yang disampaikan di dalam
lingkungan organisasi/perusahaan sendiri
2. Buku
Ekspedisi Ekstern adalah buku yang digunakan untuk mencatat
penyampaian/pengiriman/distribusi surat kepada pihak lain di luar
organisasi/perusahaan sendiri
No
|
Tanggal
Kirim
|
Tanggal dan
No. Surat
|
Perihal
|
Ditujukan
kepada
|
Nama
Penerima
|
Tanda Rangan
|
Keuntungan dari kegiatan surat menyurat melalui e-mail (surat elektronik), antara lain sebagai berikut :
1. Informasi lebih cepat diterima oleh orang yang dituju
2. Biaya relatif lebih murah dibandingkan melalui kurir atau pos
3. Umpan balik (feedback) dapat dilaksanakan secara langsung sehingga cepat menerima balasan
4. Dapat mengirimkan gambar-gambar atau foto dalam bentuk tiga dimensi sehingga lebih menarik
5. Dokumen bisa langsung disimpan dalam bentuk soft copy
Kelemahan dari kegiatan surat menyurat liwat e-mail, antara lain sebagai berikut :
1. Hanya bisa diakses oleh orang yang mempunyai fasilitas internet
2. Hanya bisa diakses oleh orang yang mengerti fasilitas internet
3. Dalam keadaan tertentu (jaringan sibuk) proses mengakses menjadi lambat
4. Dokumen dapat hilang atau rusak terkena virus
5. Ketergantungan pada alat (komputer dan jaringan internet) sangat tinggi
Pengelolaan dan Pengiriman Surat melalui E-mail :
1. Masuk ke dalam situs yahoo sehingga akan terdapat pilihan , yaitu : Mail, Messenger, Puzzles, dan lain-lain
2. Pilihlah Mail, dengan cara meng-klik pilihan Mail
3. Isikan Yahoo ! ID dan Password, yang sudah ada saat Anda membuat e-mail dengan menggunakan yahoo
4. Pilihlah menu sesuai kebutuhan seperti :
- Inbox, berisikan surat elektronik dari orang lain yang masuk ke dalam alamat e-mail Anda
- Draft, informasi tentang e-mail yang telah Anda buat tapi masih dalam bentuk rencana (draf) dedan belum dikirim ke e-mail orang lain
- Sent, e-mail Anda telah dikirim ke e-mail orang lain
- Spam, informasi
mengenai e-mail yang masuk ke e-mail anda dalam bentuk spam (informasi
yang tidak dikenal) bisa berisi virus, trojan atau worm yang sengaja
dikirim orang secara acak
- Trash, informasi tentang penelusuran dari e-mail yang yang telah Anda kirim atau e-mail yang pernah masuk
Juga terdapat beberapa tab menu sebagai berikut :
a. Delete, digunakan untuk menghapus e-mail yang sudah lama, tidak dipergunakan lagi/e-mail yang tidak jelas asal- usulnya
b. Reply, digunakan bila ingin membalas e-mail yang masuk, baik secara perseorangan maupun kelompok
c. Forward, digunakan bila ingin meneruskan kiriman e-mail yang masuk ke e-mail orang lain
d. Spam, digunakan untuk memberitahukan tentang e-mail yang masuk dalam bentuk spam/e-mail kemungkinan ditumpangi virus
e. Move, digunakan untuk memindahkan e-mail tertentu ke dalam folder tertentu
f. Print, digunakan jika ingin mencetak isi dari e-mail
g. More Action, digunakan jika ingin melakukan perintah lain dari e-mail dari berbagai kondisi
h. View, digunakan untuk melihat secara lengkap e-mail yang sedang dibaca
Cara membuat dan mengirim e-mail dengan menggunakan fasilitas yang ada pada yahoo :
a. E-mail Message, digunakan juka ingin mengetikkan sebuah e-mail (compose)
b. Chat, digunakan
jika ingin menggunakan fasilitas chatting dengan menggunakan yahoo
seperti chatting dengan menggunakan Yahoo massenger (YM)
c. Text Message (SMS), digunakan jika ingin menggunakan fasilitas dalam bentuk SMS (Short Message Service) layaknya telepon genggam
Saat akan menggetikkan sebuah e-mail, pilih Email Message lalu segera menggetikkan e-mail dalam text editor yang disediakan. Juga terdapar beberapa hal, seperti :
a. To, digunakan untuk mengetikkan alamat e-mail yang dituju
b. CC (Copy Carbon), digunkan untuk menggetikan alamat e-mail alternatif
c. BCC (Blank Copy carbon), sama seperti CC, tetapi tidak ditampilkan di e-mail yang akan dikirimkan
d. Subject, digunakan
untuk membuat judul yang berisi maksud isi e-mail secara global agar si
penerima e-mail memahami dan mengerti e-mail yang diterimanya.
Menu yang menjadi fasilitas di menu New Message, yaitu :
a. Send, digunakan untuk mengirim e-mail yang telah selesai diketik
b. Attach, digunakan
untuk menyertakan data/informasi dalam bentuk file word, exel, power
point, program, image (gambar) ataupun zip file dengan kapasitas memori
yang telah ditentukan
c. Save Draft, digunakan
untuk menyimpan hasil pengetikan e-mail sementara sebelum dikirimkan,
maksudnya jika ada pengeditan yang akan dilakukan kemudian
d. Spelling, digunakan
untuk memberikan tanda baca tertentu pada e-mail yang diketik dengan
maksud memudahkan pengertian bagi si penerima e-mail
e. Cancel, digunakan untuk membatalkan segala proses yang kita lakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar